Rabu, 29 Desember 2010

Tips Blogging Yang (AMPUH)




Buat apa sih sebenarnya tujuan kita membuat blog??? Tentunya jawaban pertanyaan tadi akan bervariasi sesuai dengan yang menjawabnya. Tujuan memang bisa berbeda-beda. Tetapi cara untuk mencapai tujuan itu bisa saja sama. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada tabloid komputek yang menerbitkan berita ini, karena tips blogging ini saya kutip dari tabloid komputek. Mungkin saja tips blogging di bawah ini bermanfaat untuk mencapai tujuan tersebut:

  1. Cover Blog (Homepage)
    Homepage dari sebuag blog manfaatnya sangat besar sekali, karena jika sebuah blog mempunyai tampilan homepage yang kurang menarik secara otomatis pengunjung akan sulit focus dengan apa yang ada di depannya.
  2. Komentar tepat dan konsisten
    Para blogging banyak yang bosan melihat komentar-komentar seperti "Nice Post" atau "Posting Menarik". Cobalah memberikan komentar yang wajar, dan yang terpenting komentar tersebut menggambarkan anda telah membaca artikel atau posting itu. Dengan demikian anda pasti akan mendapatkan imbal baliknya, posting-posting anda mendapatkan komentar menarik pula.
  3. Gunakan Gravatar
    Sebelum memberikan komentar di blog-blog lain, maka lebih baik bila anda mendaftarkan gravatar anda di http://www.gravatar.com. Dan bila anda menerapkan langkah 2, maka pembaca dan pemilik blog akan lebih familiar dengan anda pada nantinya.
  4. Tampilkan personalitas di posting anda.
    Menampilakn personalitas dalam posting anda asalah elemen yang sangat penting yang akan memproduksi konten, dimana jika konten tersebut menarik maka orang akan datang dan kembali lagi untuk posting-posting anda selanjutnya.
  5. Manfaatkan gambar pada postingan.
    Bila anda membuat postingan tanpa adanya gambar maupun ilustrasi. Tentunya hal ini membuat jenuh para pengunjung blog anda, karena pengunjung hanya disuguhi dengan tulisan saja.
  6. Pelajari terus SEO.
    Dengan mempelajari SEO, diharap anda bisa belajar bagaimana mendatangkan traffic pengunjung ke blog anda.
  7. Hindari kesalahan penulisan
    Para blogging sering sekali lupa akan salah satu hal ini, yaitu salah dalam grammar. Kesalahan dalam grammar memberikan kesan kurang professional di mata pembaca. Apalagi kesalahan itu banyak sekali terjadi di setiap posting anda. Besar kemungkinannya pembaca enggan berkunjung lagi ke blog anda.
  8. Deskripsi dengan singkat dan jelas
    Deskripsikan blog anda secara jelas dengan panjang kalimat tidak lebih dari 140 karakter. Penjelasan blog dan anda sebagai pengelolanya sangat perlu supaya pembaca mengenal siapa anda.
  9. Blogging terjadwal
    Dengan blogging terjadwal tentunya para pembaca blog anda akan selalu mengikuti perkembangan blog anda dengan jelas. Sehingga para pembaca dapat selalu mendapatkan informasi terupdate dari blog anda.
  10. Jawab komentar
    Menjawab semua pertanyaan dan komentar para pengunjung blog anda merupakan cara terbaik agar para pengunjung blog anda mengetahui kalau blog anda itu aktif dan selain itu, pengunjung blog anda juga puas karena pertanyaanya dijawab oleh pemilik blog.
  11. Mudahkan Navigasi
    Para pengunjung tentunya tidak ingin berlama-lama ketika mencari daftar menu posting atau search bar di blog anda. Jika masalah in terjadi, maka besar kemungkinan pengunjung akan pergi meninggalkan blog anda.
  12. Masukkan nama pengarang di setiap Posting.
    Meskipun di setiap posting anda belum tentu semuanya karangan anda, alangkah baiknya jika anda mencantumkan nama pengarang di blog anda. Karena sesama blogger barang tentu harus saling menghargai. Kalau bisa sebelum anda meng-copy posting tersebut, anda meminta ijin kepada pengarangnya agar pengarang tersebut memberikan link back ke blog anda.
  13. Lupakan tentang Statistik
    Berapa banyak waktu anda dihabiskan untuk memeriksa statistic traffic ke blog anda?? Alangkah baiknya jika waktu tersebut anda gunakan untuk menulis posting secara maksimul.
  14. Lupakan dulu tentang cara mencari uang.
    Akan bermasalah jika anda langsung focus pada tujuan uang pada jadwal blog anda, karena hal seperti ini justru bisa membuat anda kehilangan hal-hal yang seharusnya menjadi menu utama dalam blogging. Ditambah jika anda tidak kunjung mendapatkan uang dari blog anda, anda akan cepat putus asa dan meninggalkan blog anda dengan begitu saja.
  15. Buat headline yang bagus.
    Dengan headline yang padat dan menjual, secara efektif anda sudah 50% mempromosikan blog anda.
  16. Posting tamu.
    Buang pikiran bahwa memasukkan posting anda ke blog orang lain akan membawa ancaman. Justru sebaliknya, semakin anda dikenal dengan komunitas blogger, semakin mudah bagi anda untuk menjual sesuatu !!

2 komentar:

Ayooo Bnnyak-Banyak berkomentar....

banyak KOMNETAR, anda akan mendapatkan Back LInk GRATIS!! /// Top Komentar

Kami Menerima kritik dan Saran dari Anda