Senin, 29 November 2010

Kaleng Lukis Lani, Hobi Jadi Bisnis

Berhenti kerja menyusul krisis moneter, tak membuat Lani Cahyaningsari berhenti berkreasi. Ibu tiga anak ini mencoba berwiraswasta melukis sesuai dengan hobinya. Ia mencoba melukis di berbagai media, seperti kayu, keramik, hingga kaleng. "Tapi, ketika (melukis) di kaleng, saya menemukan keunikan sendiri," kata Lani, baru-baru ini. "Orang-orang menganggap ini masih jarang dan sangat unik." 

Lani lalu memutuskan melukis di kaleng. Untuk media melukisnya, dia menggunakan kaleng baru serta bekas. Untuk kaleng baru, Lani mendesain sesuai dengan fungsi yang diinginkan. "Di antaranya kotak majalah, kotak cd, dan kaleng kerupuk," ucap Lani. Untuk kaleng bekas, ia mendapatkannya dari pedagang es buah atau kerabat dan tetangga terdekat. 

Dalam melukis, Lani tak hanya mengandalkan keindahan. "Barang-barang yang saya ciptakan harus mempunyai nilai fungsi," ujar wanita yang memiliki latar pendidikan arsitek ini. Untuk temanya, ia biasanya menggambar macam-macam tumbuhan, hewan, huruf, atau angka-angka. "Bertema edukasi...sebagai sarana pengenalan," kata wanita 36 tahun ini. 

Selain itu, ia selalu menggunakan warna-warna cemerlang untuk setiap karyanya. "Warna cemerlang bisa merangsang pertumbuhan anak dan memberikan aura keceriaan dalam ruangan," jelas Lani. 

Untuk membuat suatu produk, pertama, kaleng dicuci terlebih dahulu. Setelah kering, kaleng lalu diberi cat dasar warna putih. "Tujuannya agar lebih mudah didesain dan warna sekundernya lebih cemerlang," tutur Lani. Setelah itu, Lani mendesain kaleng tersebut. Selesai, kaleng-kaleng yang sudah digambar diserahkan kepada karyawannya untuk diwarnai. Proses terakhir melapisi cat agar warnanya lebih cemerlang dan lebih awet serta aman untuk anak-anak. 

Selain mendisplay langsung di galeri, liputan media, menurut Lani, amat membantu memperkenalkan produk-produknya ke daerah. Yang tidak kalah penting, tambahnya, adalah internet. "Dengan internet, saya bisa mengupdate produk-produk saya yang baru," ujar Lani dalam memasarkan produknya. 

Selain memproduksi, Lani kini juga membagi ilmu dengan membuka kelas melukis kaleng bagi anak-anak. "Tujuannya, agar mereka menyadari lingkungan dan bisa menyelamatkan bumi dengan program recycle, reduce, serta reuse," tuturnya. "Dengan peran saya yang kecil, saya bisa berpartisipasi menjaga bumi.

Kaleng Lani
Jalan Raya Cilandak KKA no 2
Ragunan, Jakarta Selatan


CREDIT : LIPUTAN6

1 komentar:

  1. sip bgt.q pingin mencoba untuk mengisian libur kuliyah .smoga aja q bisa dan barangkali bisa mendatangkan rezeki .jdi bisa bntu bayr kulyh :)

    BalasHapus

Ayooo Bnnyak-Banyak berkomentar....

banyak KOMNETAR, anda akan mendapatkan Back LInk GRATIS!! /// Top Komentar

Kami Menerima kritik dan Saran dari Anda