Sabtu, 19 April 2014

19 April 2014, Umur PSSI yang ke-84





Pada hari ini 19 April 2014 PSSI sudah berusia 84 tahun. Tidak kerasa. Sudah lama PSSI berada di tanah kita tercinta Indonesia. Mulai dari prestasi yang didapatkan hingga pada tantangan organisasi. PSSI juga sudah melewati hal-hal yang negative maupun positif, misalnya lika-liku organisasi, plemik organisasi dan positifnya yaitu PSSI juga banya mendapatkan banyak prestasi.
            Mulai dari pertama masuknya sepakbola di Indonesia sampai penuh semangat ber-sepakbola karena munculnya Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Sumpah pemuda ini membuat putra Indonesia bias sangat menjiwai saat bermain sepakbola dan lebih giat berlatih dan berlatih.
Sebenarnya, ada tiga nama yang diusulkan untuk wadah persatuan itu, yakni INVB, PVBSI, dan PSSI. Namun berdasarkan keputusan bersama dipilihlah PSSI untuk organisasi tersebut.
            Pada puncaknya di Yogyakarta, 19 April 1930, dipelopori oleh tujuh klub yaitu PSIM, PPSM, Voetbal Indonesia Jacarta (VIJ), Soerabajasche Indonesia Voetbal Bond (SIVB), Vorstenlanden Voetbal Bond (VVB), Bandoengsche Voetbal Bond (BVB), dan Madioensche Voetbal Bond (MVB), didirikanlah PSSI (Persatuan Sepakraga Seluruh Indonesia) sebagai wadah persatuan klub sepakbola pribumi.
            Di samping itu, istilah sepakraga ini dipilih oleh para anggota PSSI untuk mempertegas perlawanan terhadap NIVB. Dengan memilih menggunakan istilah lokal tentu akan lebih mudah dalam mengobarkan heroisme para anggota mereka. Istilah sepakraga ini sendiri lebih menonjol pada persepakbolaan di Asia Tenggara.
            Semenjak berdiri, PSSI secara resmi dan berkesinambungan telah memutar roda kompetisi yang diikuti oleh anggotanya. Pada masa itu, kompetisi yang digulirkan PSSI menggunakan sisten turnamen. Dengan salah satu peserta kompetisi menjadi tuan rumah. Kendala hebat yang melanda PSSI adalah ketiadaan stadion yang representatif untuk menyelenggarakan pertandingan. Kemudian, atas kebaikan hati Sri Susuhunan Pakubuwana X dibangunlah sebuah stadion yang dilengkapi fasilitas tribun penonton dan penerangan di Solo.
            Asian Games adalah event olahraga terbesar yang diselenggarakan oleh negara-negara di kawasan Asia. Saat itu, timnas dilatih pelatih asal Yogoslavia, Toni Pogacnik. Indonesia menjelma sebagai kekuatan baru di kancah sepakbola Asia. Bahkan, publik menjuluki Ramang dan kawan-kawan sebagai Macan Asia.
            Pada umur yang ke-84 ini banya harapan rakyat Indonesia kepada PSSI dan harapan PSSI sendiri. Harapan ini agar prestasi yang diperoleh timnas Indonesia lebih banyak lagi dan dapat membanggakan Negeri kita tercinta, Indonesia. Selamat Ulang  tahun PSSI

0 komentar:

Posting Komentar

Ayooo Bnnyak-Banyak berkomentar....

banyak KOMNETAR, anda akan mendapatkan Back LInk GRATIS!! /// Top Komentar

Kami Menerima kritik dan Saran dari Anda