Jumat, 28 Januari 2011

Trio Balon Suksesor Van der Sar

Resmi sudah Edwin van der Sar bakal meninggalkan panggung sepakbola di akhir musim. Setelah enam musim tinggal di Old Trafford, Van der Sar (VdS) memutuskan jika musim panas 2011 merupakan momen yang paling pas bagi dirinya untuk meninggalkan Manchester United dan lapangan hijau.

Jauh-jauh hari, sejatinya Sir Alex Ferguson sudah dapat meraba keputusan penjaga gawang berusia 40 tahun itu. Pasalnya, selain faktor usia, VdS diganggu dengan kondisi istrinya, Annemarie, yang diserang stroke pada Desember 2009. Sejak itulah, Ferguson mulai mencari sosok penjaga gawang yang mumpuni untuk menggantikan VdS.

Karenanya, di bursa transfer musim panas mendatang, kiper anyar merupakan prioritas MU. Ferguson tak mau kesalahannya enam tahun lalu kembali terulang. Ketika itu, 1999, Ferguson gagap menyikapi lengsernya Peter Schmeichel, kiper legendaris MU asal Denmark. Baru pada Juni 2005 Ferguson mendapatkan VdS dari Fulham. Keterlambatan merekrut VdS itulah yang sangat disesalkan Ferguson.

Menurut pelatih kiper Setan Merah, Eric Steele, pihaknya sedang menimbang sejumlah kandidat penjaga gawang yang akan diproyeksikan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan VdS. Dari sekian nama yang muncul, hanya tiga nama yang disebut-sebut berada dalam top three buruan Ferguson. Yaitu, kiper Schalke 04 Manuel Neuer, penjaga gawang Ajax Amsterdam Maarten Stekelenburg, dan bintang muda Atletico Madrid, David de Gea.

“Pertanyaamnya adalah mampukah kami merekrut seorang kiper baru untuk menggantikan Edwin van der Sar? Kami bisa saja melakukan secara internal. Tapi, kami harus mencari target terbaik. Kini, kami mempunyai satu, dua, dan tiga sosok kiper yang kami pikir mampu mengisi posisi Edwin (VdS). Memang, sangat sulit menggantikan peran Edwin. Saya pikir kecemerlangannya saat adu penalti lawan Chelsea di Moskow (final Liga Champions 2008) membuatnya sejajar dengan Peter Schmeichel,” puji Steele.

Selain trio di atas, sejumlah nama juga dikait-kaitkan dengan MU, seperti kiper Olympique Lyonnais, Hugo Lloris, portiere CSKA Moscow Igor Akinfeev, penjaga gawang Bayer Leverkusen Rene Adler, dan benteng terakhir Liverpool Pepe Reina. Lalu, mengapa Neuer dan Stekelenburg berada di posisi teratas?

Alasannya, kedua kiper telah berpengalaman di level kompetisi Liga Champions dan memahami bahasa Inggris. Dan yang paling penting, baik Neuer (24 tahun) dan Stekelenburg (28 tahun) tengah menjalani masa kontrak terakhirnya bersama klub masing-masing. Artinya, bandrol atau fee transfer mereka bisa jauh dari tarif normal. Soal kontrak, boleh jadi Stekelenburg berada di atas angin menyusul penolakannya terhadap tawaran kontrak baru yang disodorkan Godenzonen.

De Gea pun dipandang sebagai kandidat yang paling potensial untuk menjadi penerus Schmeichel dan VdS sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di muka bumi. Namun, faktor pengalaman De Gea yang baru berusia 20 tahun dan bandrol tinggi yang dipatok Atletico, ditaksir mencapai 20 juta pound, membuat posisi De Gea dalam daftar buruan berada di bawah Neuer dan Stekelenburg.

0 komentar:

Posting Komentar

Ayooo Bnnyak-Banyak berkomentar....

banyak KOMNETAR, anda akan mendapatkan Back LInk GRATIS!! /// Top Komentar

Kami Menerima kritik dan Saran dari Anda