Jumat, 28 Januari 2011

Kronologi Terbakarnya KMP Laut Teduh 2

Musibah terjadi di tengah laut antara Merak dan Bakauheni, Jumat dini hari, 28 Januari 2011. Kapal KMP Laut Teduh 2 terbakar, 13 orang tewas.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Perhubungan, Bambang Supriadi Ervan mengatakan, kapal nahas berangkat dari dermaga Merak pada pukul 03.19 WIB.

Tak sampai sejam berlayar, ada yang tak beres di kapal. "Pukul 03.59 WIB nahkoda melaporkan pada Ship Traffic Centre (STC) bahwa ada api di car deck," kata Bambang, Jumat 28 Januari 2011.

Ditanya posisi oleh STC, saat itu, nahkoda mengatakan kapal berada di sekitar Pulau Tempurung.

Mendengar ada sinyal bahaya, STC melalui channel 16 menginformasikan dan meminta kapal-kapal lain yang menuju Bakauheni memberikan pertolongan. Juga minta bantuan dari pihak-pihak terkait.

Dijelaskan Bambang, saat kecelakaan, kapal mengangkut 567 orang yang terdiri dari 535 penumpang dan 32 anak buah kapal (ABK). Kapal juga mengangkut 93 kendaraan.

"Jumlah penumpang yang berhasil dievakuasi 458 orang, selamat 425 orang, termasuk 31 awak kapal, korban meninggal dunia 13 orang," tambah dia.

Saat ini penumpang dan awak kapal sudah dievakuasi. "Sedangkan kapal dikandaskan di perairan Anyer Cigading," kata Bambang. Sementara, korban meninggal dan luka dibawa ke RS Krakatau Steel dan RS Panggung Rawi.

Ditambahkan Bambang, saat ini masih ada sejumlah kapal yang masih melakukan pencarian di sekitar lokasi. Yakni, Kapal Negara KN 333, KAL Tamposo milik Angkatan laut, dan tiga kapal Polair.

0 komentar:

Posting Komentar

Ayooo Bnnyak-Banyak berkomentar....

banyak KOMNETAR, anda akan mendapatkan Back LInk GRATIS!! /// Top Komentar

Kami Menerima kritik dan Saran dari Anda