Massimiliano "Max" Biaggi adalah pembalap motor Italia dan juara dunia World Superbike Championship 2010. Sepanjang karir balapnya, ia telah memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc empat kali, dan runner-up baik di 500cc maupun MotoGP. Pada tahun 2007 ia pindah ke World Superbike Championship, finish ketiga secara keseluruhan sebagai pemula dan memperoleh gelar juara dunia World Superbike Championship pertamanya pada tahun 2010. Dia dijuluki 'il Corsaro' ('Sang Corsair') dan 'The Roman Emperor' ('Kaisar Romawi').

125cc
Sewaktu kecil Biaggi lebih tertarik pada sepak bola. Namun pada 1989, setelah ia diberi sepeda motor untuk ulang tahunnya yang ketujuh belas, ia langsung memulai karir balap di kelas 125cc pada usia delapan belas tahun. Pada tahun 1990 ia memenangkan Kejuaraan Italian Sport Production Championship. Setelah sukses di 125cc, Biaggi pindah ke kelas 250cc.

Pada tahun 1991, Biaggi menjadi juara Eropa dengan motor Aprilia RS250, dan pada tahun yang sama ia finish kedua puluh tujuh pada kelas 250cc untuk pabrikan yang sama. Pada tahun 1992, Biaggi menyelesaikan seluruh musim pertamanya di Grand Prix 250cc untuk Aprilia, dan finish di posisi kelima secara keseluruhan. Di musim tersebut ia memenangkan race pertama di Kyalami, Afrika Selatan. Musim berikutnya, Biaggi bergabung dengan Honda, dan finish di urutan keempat dalam klasemen kejuaraan, termasuk kemenangan tunggal di Barcelona. Pada tahun 1994 ia kembali ke Aprilia dan mendominasi kejuaraan Grand Prix 250cc dengan memenangkan tiga gelar berturut-turut pada tahun 1994, 1995 dan 1996. Pada tahun 1997, Biaggi kembali lagi ke Honda untuk tim ERV Kanemoto, dan memenangkan gelar keempatnya berturut-turut. Setelah itu, ia pindah ke kelas 500cc.

Biaggi membuat awal yang mengesankan dalam debut 500cc nya, merebut pole position, menciptakan fastest lap dan memenangkan balapan pertamanya di Suzuka pada 1998 untuk tim Kanemoto Honda. Dia juga menang di Republik Ceko dan menyelesaikan seluruh musim sebagai runner-up di belakang Mick Doohan yang legendaris. Biaggi kemudian bergabung dengan Yamaha untuk berperang melawan Honda yang tampil dominan. Dia finish keempat pada tahun 1999, ketiga pada tahun 2000, dan kedua pada tahun 2001.

Pada tahun 2002, Biaggi mengendarai motor 4 langkah untuk pertama kalinya. Ia menang di Brno (Republik Ceko) dan Sepang (Malaysia) untuk meraih posisi runner-up di belakang saingannya, Valentino .



World Superbike Championship
Biaggi berusaha untuk mencapai kesepakatan agar bisa membalap di World Superbike Championship (WSBK) untuk tim Corona Alstare Suzuki pada tahun 2006, tetapi tim tidak bisa menerimanya karena masih mempertahankan pengendara yang lama, juara 2005 Troy Corser dan Yukio Kagayama. Akibatnya, ia mengambil cuti panjang, tetapi pada tanggal 14 September 2006, Biaggi mengumumkan ia telah menandatangani kontrak untuk menggantikan Troy Corser.

Pada 2008 Biaggi bergabung dengan tim privateer Sterilgarda / GoEleven, bekerja sama dengan Ruben Xaus. Tujuh podium mengantarnya pada posisi tujuh klasemen, tiga tempat di depan Xaus dan satu tempat di depan pembalap Ducati Michel Fabrizio.



Pada tahun 2010, Biaggi menjadi pembalap Aprilia dan Italia yang pertama memenangkan Kejuaraan Dunia di World Superbike Championship.

Biaggi dikenal dengan julukan “The Roman Emperor” juga “Mad Max” dan terkenal karena hubungan yang sulit dengan pers, personel tim dan pengendara lain.
Sepanjang karirnya, Biaggi terkenal karena persaingan panas dengan rekan senegaranya Valentino . persaingan ini ditampilkan dalam film dokumenter 2003 tentang balap sepeda motor yang berjudul “faster”, di mana Biaggi dan muncul.




1992 5th - 250cc Grand Prix World Championship
1993 4th - 250cc Grand Prix World Championship
1994 1st - 250cc Grand Prix World Championship
1995 1st - 250cc Grand Prix World Championship
1996 1st - 250cc Grand Prix World Championship
1997 1st - 250cc Grand Prix World Championship
1998 2nd - 500cc Grand Prix World Championship
1999 4th - 500cc Grand Prix World Championship
2000 3rd - 500cc Grand Prix World Championship
2001 2nd - 500cc Grand Prix World Championship
2002 2nd - MotoGP World Championship
2003 3rd - MotoGP World Championship
2004 3rd - MotoGP World Championship
2005 5th - MotoGP World Championship
2006 N/A
2007 3rd - World Superbike Championship
2008 7th - World Superbike Championship
2009 4th - World Superbike Championship
2010 1st - World Superbike Championship
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5587924
0 komentar:
Posting Komentar
Ayooo Bnnyak-Banyak berkomentar....
banyak KOMNETAR, anda akan mendapatkan Back LInk GRATIS!! /// Top Komentar
Kami Menerima kritik dan Saran dari Anda